Wednesday 27 June 2012

Menjadi Blogger Sukses

Artikel ini merupakan tindak lanjut dari kejenuhan dalam pencarian. Bila anda bertanya mengapa, jawabnya adalah manusia perlu sesuatu yang berbeda, begitu juga dalam masalah pemilihan posting, karena terlalu banyak mengupas tutorial juga kurang menarik kalau tidak dibarengi dengan teoritik masalah optimalisasi dari artikel tersebut.

Setelah saya pelajari dan memperhatikan etika posting, ternyata hal ini perlu untuk saya tulis sebagai panduan untuk pengembangan sebuah blog. Artikel ini mencakup beberapa praktek yang baik, setidaknya menjadi blogger yang lebih baik, walau di sana sini masih terdapat kekurangan. Anggap saja tulisan ini sebagai referensi anda untuk menjadi blogger cerdas ke depannya. Maaf saya bukan menggurui, dan ini tergantung dari anda semua bagaimana mencerna dan menerapkannya, termasuk dari sudut pandang mana anda melihatnya. Baiklah...mari kita mulai sekarang.

1. Memilih The Topik yang Tepat Untuk Blog Anda

Biasanya ada perdebatan besar dari jalur masing-masing blog ketika memilih topik dalam hal menulis artikel, termasuk juga ketika ia menentukan topik saat membuat sebuah blog. Hal ini penting diperhatikan, karena saya pernah mempelajari saat membuat tab menu, sementara di beberapa blog lain juga mengupas masalah tab menu. Saya coba memposting Tab Menu dengan virtual pagination dan hasilnya lumayan menguntungkan, karena walau sama topik namun menghasilkan pembahasan yang berbeda dan hasilnya juga tidak kalah menarik dengan Tab Menu yang di bahas di beberapa blog. Contohnya dapat anda lihat pada navigasi di sidebar kanan blog ini. Artikelnya silahkan baca cara membuat tab menu virtual pagination.

Sementara keheranan saya adalah ketika beberapa kawan-kawan blogger bertahan untuk menaikkan page rank dan dengan semangat setengah mati berusaha membongkar rahasia seo untuk optimasi blognya. Berbicara profitabilitas juga perlu, tapi jangan kebablasan, nantinya malah merugikan anda sendiri. Solusinya adalah posting yang menarik dan topik yang bersaing yang harus anda sediakan kepada surfer di dunia maya. Artinya fokus saja pada konten yang baik dan dengan kupasan yang menggelitik dan ringan, itu sangat membantu saudara dalam mendongkrak optimasi blog anda di server manapun. Kalau tidak percaya, silahkan buktikan dan saya yakin anda akan puas dengan hasilnya. Ingat blog yang baik bukan di buktikan dengan jumlah komentar, namun lebih kepada aktifitas pengunjung di blog anda. Kalau masalah ia tertarik pada apa saja yang anda tawarkan, termasuk barang dan jasa...itu adalah kelebihan anda dalam promosi melalui konten dan topik yang bermutu di artikel anda. Masuk akal kan?

2. Menjadi Seorang Challenger

Anda mungkin seorang ahli pada bidang topik, namun membahas topik yang panjang dan hampir sama pada beberapa artikel juga dapat membosankan. Jika anda menulis dari sudut yang sama, misalnya tentang bookmarking satu dan lainnya (walau beda tampilan), artinya masih dalam tema yang sama, sekali-sekali usahakan keluar dari jalur tersebut dan tulislah sesuatu yang ringan namun mengandung manfaat yang tidak kalah pentingnya.

Belajar lebih banyak tentang bidang kompleks dari topik anda dan menyajikan beberapa fakta menarik dari penemuan anda untuk pembaca dan mereka akan menghargai usaha anda. Berarti anda harus menjadi seorang penyaji dengan mempunyai banyak pilihan dan itu akan menjadi pertimbangan orang lain dalam menilai blog anda.

3. Bikin Gaya Bahasa Sendiri

Menulislah tentang sesuatu yang teknis kemudian berpikir bagaimana anda bisa membuatnya mudah bagi pembaca rata-rata yang tidak sangat akrab dengan istilah-istilah teknis. Mengapa pengunjung terus datang ke blog anda ketika blogger lain juga menulis di topik yang sama? Ini adalah gaya unik anda yang akan membantu anda menonjol dikeramaian dan membuat blog anda berbeda dari yang biasa. Kesimpulannya sajikan yang ringan dan jangan banyak basa basi yang kadang malah mengaburkan maksud bagi beberapa pengunjung tertentu. Buat artikel ringan, mudah dimengerti, dan unik dibanding yang lain. Solusinya bisa saja anda gunakan gaya bahasa yang rada seenak perut saudara, namun  jangan keterlaluan karena itu juga dapat mengaburkan pembahasan anda. Yang sedang-sedang saja bro biar gak jenuh dan berat mikirnya.

4. Tunjukkan Kesabaran dan Kredibilitas

Membangun reputasi sangat penting. Anda perlu untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca sebelum mereka melanjutkan dalam hal yang lebih jauh, termasuk menjadi pengikut atau hanya sekedar komen di blog anda. Jika anda berbicara tentang masalah Cinta, maka anda perlu membiarkan pembaca tahu bagaimana gairah anda tentang hal itu. Ini adalah tempat memilih topik blog yang harus anda perhatikan, karena pengunjung terkadang memulai setelah terbukti dan dilihatnya menarik. Solusinya tampilkan beberapa posting yang murni itu dari pemikiran anda sendiri, dan berikan sedikit tanggapan anda agar orang lain dapat dengan mudah mempelajari pola pikir anda, selanjutnya biarkan mereka menilainya.

Dari sinilah diperlukan kesabaran penuh, karena hal ini tidak terjadi secepat mungkin, artinya perlu peroses. Terus terang sebelum blog ini ada, saya juga merangkak dulu untuk belajar sampai sekarang walau masih banyak kekurangan sana sini.  Biarkan pengunjung tahu bagaimana keterlibatan anda dan apa yang telah dicapai selama ini. Manusia bisa mencium bau omong kosong dengan sangat mudah sehingga ini akan merusak kredibilitas anda. Pahami sebab akibat pengunjung datang ke blog anda dan dengan bersemangat membaca topik yang anda sajikan. Jangan dicampur dengan kebohongan dan kurang sabarnya anda sebagai pemilik blog. Buktikan itu dan anda bisa mendapat simpati dari mereka, selanjutnya tinggal anda mengendalikan blog anda untuk terus diminati pengunjung.

5. Mengenal Pembaca Anda

Jika anda memiliki pemahaman yang baik tentang motivasi pembaca yang cukup bergairah, maka anda harus menydiakan topik dimana pembaca anda dapat belajar dan menghargai. Hal ini perlu diperhatikan ketimbang blogwalking, karena menjaga pengunjung tetap dan pengikut adalah sebuah aset besar, dan ini jarang disadari oleh beberapa blogger. Kunjungi mereka sekali-sekali sebagai tanda perhatian anda kepada mereka, berikan masukan dan saling berbagi...maka itu akan lebih berarti dari pada blogwalking ke tempat lain yang belum tentu mendapat kunjungan balik.

Pengunjung mungkin datang ke blog anda karena mereka juga ingin belajar sesuatu atau mereka mencari solusi sehingga perlu untuk menyediakan mereka artikel yang mereka perlukan. Cobalah untuk menempatkan diri menjadi bagian dari mereka, sehingga mereka merasa betah dengan artikel anda. Artinya gaul gan heheheee dan perhatikan sesuatu mengenai bagaimana anda dapat memuaskan mereka.

6. Konsisten

Konsistensi adalah salah satu kunci untuk menjadi blogger sukses. Buatlah rutinitas seberapa sering anda ingin mempublikasikan artikel di blog dan mencoba untuk tetap pada rutinitas ini. Jangan khawatir tentang keuntungan ketika jarang atau miskin komentar, karena kalau blog anda baik pengunjung akan banyak, walau mungkin ini hanya bonus. Yah perhatikan juga tentang artikel yang dapat memancing pengunjung bertanya, walau itu terkadang kurang memuaskan anda. Pikirkan dalam menambah nilai konsistensi dan yakin blog anda akan terkenal melalui usaha tersebut.

7. Buat Artikel Anda Jelas, Padat, dan Singkat

Cara ini sebenarnya untuk mendapatkan perhatian pembaca dengan cepat. Statistik menunjukkan bahwa pada kebanyakan pembaca rata-rata akan memutuskan apakah mereka akan membaca posting lengkap atau tidak dalam beberapa detik pertama setelah mereka mendarat di sebuah artikel. Memiliki posting terstruktur baik diformat dengan paragraf pendek dan titik peluru dilakukan. Jangan membuat posting terlalu panjang, artinya bagilah ke dalam paragraf pendek, dengan titik atau nomor untuk memudahkan membaca. Juga menggunakan sub-judul sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari dan selalu tetap pada topik. Jangan sampai mengisi posting anda dengan informasi yang tidak relevan, karena pembaca akan kehilangan bunga dan meninggalkan blog anda.

8. Libatkan Pembaca

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa blog lebih interaktif dari sebuah situs web tradisional yang merupakan alasan blog begitu populer. Melalui interaksi Anda dapat membuat ikatan yang baik dengan pembaca anda. Jadi cobalah untuk mendapatkan pembaca anda terlibat dalam artikel dengan meminta mereka untuk meninggalkan komentar, berpartisipasi dalam survei, atau meminta penilaian mereka apakah artikel yang anda terbitkan menarik atau bermanfaat. jangan takut tidak ditanggapi, namanya juga usaha gan. Sabar dan perlu perjuanga.

9. Balas Komentar

Balas komentar yang ditinggalkan oleh pengunjung. Jika seseorang telah mengambil waktu dan upaya untuk meninggalkan komentar di blog anda, maka balaslah walau dalam bentuk sederhana atau dengan menjawab pertanyaan mereka. Jika anda memiliki blog yang benar-benar populer dan anda mendapatkan ratusan atau ribuan komentar perhari, maka tidak praktis untuk membalas setiap komentar, tetapi pada umumnya membalas komentar menunjukkan bahwa anda peduli tentang pengunjung anda dan ini juga dapat memberikan kepuasan pada pengunjung tersebut.

10. No Shortcuts

Anda perlu memahami bahwa tidak ada jalan pintas untuk sukses dan itu pasti tidak akan datang dalam waktu semalam kayak aladin atau cerita seribu satu malam. Cobalah untuk menambah nilai kepada pengunjung blog anda, konsisten, bekerja keras dan sabar....maka keberhasilan akan datang kemudian,...yakinlah!!!



*sumber

11 comments:

  1. nice gan,, ijin copas ya... :D

    saya akan menyertakan sumber link aktif ..
    OK .

    ReplyDelete
  2. good...
    its very good...
    semuanya main main di sini
    klik disini

    ReplyDelete
  3. terimakasih semunya..
    silahkan yang ingin mengopas
    silahkan di share ke lainnya

    kunjungi selalu http://boedakcapsule.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Wah bagus banget tulisanya , tetaplah menjadi blogger yang bermartabat ya om :D

    ==

    kunjungi balek blogku ya :D

    ReplyDelete
  5. mantrap tip nya mas, makasih udah share :)

    ReplyDelete
  6. keren bgt blognya
    kunjungan balik + comback y
    http://persagabunda.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. sangat menginspirasi :) nice

    ReplyDelete
  8. very goood....
    info yg luar biasa...

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Berkunjung
Tinggalkanlah Sedikit Pesan Sebagai Referensi