Wednesday 27 June 2012

Mau Menjadi Blogger Seperti Apakah Anda ?


Mau menjadi bloagger seperti apakah anda? mungkin itu sebuah pertanyaan yang muncul setelah kita lelah berkutat pada hal yang membosankan. Sementara kita masih saja menunggu dan menunggu sampai pengunjung itu mau memberi respon kepada apa yang kita buat. Atau kita akan tertinggal oleh waktu, lalu dilupakan.


Keresahan ini saya tangkap dari beberapa blogger yang mengeluhkan miskinnya pengunjung. Ada juga yang berhenti nge-blog karena tidak menemukan arti atau suatu yang berkesan menjadi seorang blogger.  Selanjutnya, sampai ada yang putus asa lalu membuang jauh-jauh mimpi yang dibangun dan dia bawa ketika pertama kali menjadi seorang blogger. Lalu apa yang harus dimengerti untuk menjadi seorang blogger?

Untuk menjadi seorang blogger, kita tidak perlu mencari, namun harus memahami dan memaklumi alias mau menerima hasil kerja yang kita dapatkan. Terakhir pantang menyerah, karena bila kamu menyerah, maka kamu tidak akan mendapatkan apa-apa di balik semua itu.

Keluhan masalah miskinnya pengunjung itu wajar saja, karna semua orang pasti ingin blognya dikunjungi. Oleh sebab itu berkunjung dulu ke blog orang lain. Tapi jangan hanya sekedar berkunjung tanpa etika. Jika anda pindah ke tempat yang baru, maka perlu berkunjungan dan berkenalan dengan tetangga sekitarnya. Begitu juga dalam blogging, perlu berkunjung atau blog walking. Etikanya, anda perlu meninggalkan komentar sebagai pesan tersendiri. Jangan cuma berkomentar seperti, "nice posting", "blog walking gan", atau apalah yang singkat, seperti malas berinteraksi dengan admin blog yang dikunjungi. Kalau begitu, besar mungkin tidak mendapat tanggapan dari pemilik blog.

blogger seperti apakah andaBerilah komentar yang nyambung pada artikel yang diulas. Artinya anda harus menjadi reader, bukan sebagai pengunjung biasa. Karena tidak semua blogger mengharap kunjungan biasa, namun  mengharap pembaca yang mau menanggapi apa yang ia tulis. Terakhir, harus sabar menunggu hasil dan jangan putus asa dalam berusaha. Ingat tidak ada blog yang menjadi terkenal dalam satu malam. Kalau ada, itu pasti blog setan...hehehheeee. Semua perlu usaha, kesabaran, doa, dan pantang menyerah

Masalah kedua adalah buntunya pikiran dan bingung apa yang mau ditulis di blog. Kadang timbul rasa super bingung. Jangankan mau menulis, berpikir tentang apa yang harus dilakukan untuk blog saja tidak bisa. Kalau sudah begini...tinggalkan saja blog anda. Bawa refresing dulu, sampai anda tenang dan menemukan suatu yang menarik. Walau kadang yang menarik itu gak nyambung dengan konten anda dan terbilang biasa. Ini perlu disikapi karena merupakan jalan baru untuk pemikiran baru, dan tentunya posting yang baru untuk blog anda. Kalau masih buntu juga, santai saja gan...kan nge-blog bukan untuk dipaksakan. Isilah atau tulislah berdasarkan apa yang ingin ditulis. Lambat laun kamu juga akan menjadi seorang yang ahli menulis dan akan cepat menemukan ide baru untuk menulis.
 
Masalah terakhir adalah ketika kita sudah tidak mempunyai semangat untuk blogging. Untuk yang satu ini saya tidak dapat memberi solusi. Yang penting jangan sampai tidak semangat menjalani hidup anda di dunia ini. Intinya, segala persoalan akan kembali pada diri masing-masing yang mengalaminya.

Sebuah nasehat, mau menerima dengan segala keikhlasan lalu bertindak sesuai dengan kemampuan manusia, karena pada dasarnya manusia itu lemah dan bodoh. Jadi jangan anda sesali semua itu. Tips yang paling berguna, jangan menyerah dan selalu berusaha untuk keberhasilan. keep spirits and do the best.

Terakhir...menjadi seorang blogger bukan mau menjadi apapun, namun salah besar kalau anda tidak mempunyai motifasi. Artinya tidak mungkin kita menjadi seorang blogger tanpa alasan. Kalau ada, berarti itu adalah mayat hidup yang lagi blogging...sekali lagi hehehheeee. Untuk menemukan jawabannya semua kembali kepada anda sendiri. Saya hanya menyerankan 

Saling berbagi dan menjalin persahabatan antar sesama blogger itu lebih baik ketimbang menjadi sesuatu diluar kehendak, dan jangan sombong dengan kebodohan kita sendiri. 

Pertanyaannya membingungkan yang akan terus muncul, apa yang kita cari dibalik sebuah blog? atau apa tujuan menjadi seorang blogger? mau jadi artis, mau jadi terkenal, mau dapat duit dan cepat kaya, mau dihormati dan disanjung sebagai blogger hebat, mau berbagi dan mencari sahabat, mau belajar, atau apalah namanya menurut kamus hidup dan bahasa anda sendiri. Yang jelas menjadi seorang blogger perlu komitmen dan mau mencari arti untuk memaknai kehidupan itu. cara dan pandangan terserah pada pribadi masing-masing, karena saya yakin kamu sudah bisa memilih, mana yang terbaik untuk dirimu sendiri.



2 comments:

  1. Saya sendiri sudah hampir 2 tahun menekuni dunia blogging, jujur saja masih banyak yang belum saya capai.

    Terkadang saya juga malas mengunjungi blog-blog tetangga kalau isinya sekedar copas, apalagi tanpa mencantumkan URL sumbernya.

    Tujuan lain dari berkunjung dan berkomentar salah satunya adalah menjaga semangat blogger supaya tetap menulis.

    ReplyDelete
  2. benar mas...
    saya jujur juga belum mencapai tujuan saya

    untuk itu hanya inilah yang saya bisa
    membagian informasi, motivasi walaupun bukan karya sendiri
    saya juga mengakui...

    walaupun ini bukan karya sendiri
    tapi dengan saling membagi
    semoga dapat meningkatkan semangat ngeblog untuk para pembaca

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Berkunjung
Tinggalkanlah Sedikit Pesan Sebagai Referensi