Tuesday 8 May 2012

Sebuah Motivasi Dari Seorang Networking Enginering


Kemaran, ketika ane lagi jalan jalan di fa****ok eh ketemu ini pula. Langsung ajja dah, begini ceritanya...


Berikut ini Cuplikan Percakapan dari seorang Networing Enginering, sengaja saya copas di sini dari group sebelah untuk memotivasi rekan2 yang sedang belajar
klo programming klo mo nilai tambah ambil JAVA <--- nih program ga ada matinya , diperlukan segala penjuru dunia. ( RUN EVERYWHERE DAN ANYWHERE )

klo CCNA fokus ke networking, lo pake OS gw saranin LINUX. dah biasanya networking itu ga jauh2x buat server, dan lebih ajib lagi ngambil kurus AIX ( IBM ). disitu rata2x gaji bisa datas 5 jeti buat fresh graud klo kerja di ISP.

gw di situ jadi Engineer network disitu skill yg bener2x kepake yaitu. - CCNA ( Cisco ) segala routing ( membagian Class IP ), VLAN, ACL, Joint VRF ( Buat backhup Link ) ma routingan BGP itu wajib luar kepala., soalnya itu routingan sesama ISP atau persuaahan gede macam kaya BANK. setiap perusahaan ada nomer BGPnya (unik ga ada yg sama ) disebut AS NUMBER, nah lo kudu bisa config tuh routingan BGP.

- Lo harus hapal topologi WAN ( VPN IP, FRAME RELAY, METRO ETHERNET ) ini yg sering kepake ( frame relay dah mulai ditinggalkan, lagi sering ada project metro ethernet yg pake optic ) kulitnya aja lo pelajari klo dalemnya biasanya orang telekomunikasi yg turun tangan, kita informatika palingan config logicnya aja. ( di router ataupun modemnya )

- klo udah gtu, tambahin ilmu lo dengan syntak2x router JUNIPER dan MIKROTIK, kali2x aja perusahaan yg lo handle ga kuat beli cisco jadinya beli yg lain.

- Klo lo jadi admin server, biasanya perusahaan condong ke LINUX karena gratis dan murah. dan yg biasa gw temuin kebanyakan AIX IBM ma UNIX SOLARIS. Windows ke laut aje jadi nelayan.. wkakakakaa no offense, belum pernah gw ketumin peruhsaan gede pake windows servernya.

saran aja. lo mending JANGAN KERJA DI OUTSOURCHING. (curcol dikit) korbannya gw neh, gw disuruh HANDLE 5 Perusahaan gede. tapi digaji berapa? 2.7 juta saajaaaah.. kerja 24 jam, kebayang berapa persen masuk ke perusahaan outsourchingnya.

Klo ente mo masuk networking, selamat.. itu pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan, klo programming kebanyakan perushaan gede tinggal beli dari luar negri kecuali lo jago JAVA, tapi Otak lo harus kuat diperes

Tips yg bisa gw berikan. Lo kuliah biar bener, mentokin tuh IPK, minim 3 Lo ambil CCNA aja, tapi ikut yang test internasional jangan yg lokal ajah.

udah gtu aja, Klo buku yg di GRamedia, ke laut aje jadi makanan ikan julung2x, kbanyakan copy paste dari internet. parah!

klo ilmu itu biasanya langsung praktek bro. kaga bisa teory, biasanya dapet masalah dan dapet solusinya trus lo catet, bikin primbon. klo ada gtu lagi bisa langsung ente libas..

kursus CCNA udah banyak dan murah2x gan, setau gw 3 jutaan juga dah ada. yaaa.. dari pada lo beli BB mending ikutan CCNA, setahun juga bisa balik modal ma BB sekardus

pokoknya kuliah biar bener, ambil CCNA udah gtu aja jangan ribet2x hidup. IPK mentokin. sukur2x masuk PNS bagian IT. duitnya kenceng karena bisa main harga ma VENDOR. hahahahaha..

klo programming mah satu aja tapi daleem.

yang sering kepake skarang neh. PHP ma JAVA. tapi klo stengah2x mending jangan, klo otak lo kuat seh gpp. soalnya permintaan dan kompleksitas tuh program makin lama makin ruwwwet bin canggih. apalagi klo dah OOP dan masalah akutansi. dijamin cepet impotent dah lo

gw saranin seh udah NETWORKING ajah. soalnya Networking bisa kerja dimana ajah ( remote ) dan bisa Jalan2x.. INstall router di BALI or LOMBOK.. ajib kkaaan?

apalagi klo lo dah maen offshore, alias pertambangan.. meledak gaji lo.

klo programming.. duduk diblakang meja, dicambuk2x suruh cepetan Codingnya... ayooo pilih mana?

klo mo jadi programming jangan kerja ma orang, bikin software house sendiri.. biar tajir kaya yg punya FACEBOOK dan KASKUS.

teman2x yg kerjanya di bidang DATABASE ADMINISTRATOR or SYSTEM ANALIS.

Kebanyakan System analis ngambil orang dari lulusan luar negri, itu pngalaman gw kerja di client2x perusahaan yg gde, kbnayakan BULE ma CHINA System Analisnya. Orang indonesia yang jadi CODINGnya

itu kenyataan yg harus diterima. lihat aja di koran koran seberapa banyak lowongan SYSTEM ANALIS?

Klo mo jadi system analis ya biasanya dari orang indonesia itu ga mau juga kerja ma orang, lebih baik buka software house sendiri.

Lagipula JUJUR yaa.. jarang bgt Perusahaan Gede yang mo pake Software buatan Lokal, yang gw Tau cuma satu Yaitu ASTR**A itu dia pake software buatan anak perusahaannya yang notabene bergerak dalam IT.

klo perusahaan lain kebanyakan pake SAP, nah gtu deh.. dan SAP harus terkoneksi ma cabang2x kantor.. Balik lagi harus pake NETWORKING. hahahah jadi taukan seberapa banyak lowongan netwroking ma system analis.

Tapi jangan dikasih tahu ma temen ente, ntar System analis dari indonesia berkurang.. Pokoknya sesuai minat aja bro. dan jangan pindah2x jalur.. jatuh bangun pada karier itu hal biasa.

Pokoknya simple aja. IPK mentokin, ambil CCNA.. dah itu dah aman. untuk saat ini, entah klo 10 tahun kedepan.

Lo pake OS linux yaa.. soalnya perintah2x linux hampir sama dengan command2xnya networking ( CISCO,JUNIPER, MIKROTIK ), dan juga pas lo pegang UNIX ga kaget lagi.

Oh iya, tambahin satu lagi..

ENGLISH bro.. bahasa inggris lo latih. Soalnya bisa masuk ke perushaan IT kadang perlu banget klo lagi meeting ma client yang bule.

untung2x lo dikirim ke luar negri karena CCNA lo.

Biarpun klo lo benci bhs inggris,lo harus BISA bhs inggris, itu penting banget..

klo database mah luas, setiap perusahaan perlu database.

yang sering gw temuin seh pake ORACLE bro, karena dia berdampingan ma SOLARIS.. ajib dah.



-> terimakasih untuk penulis tulisan di atas...terimakasih atas tulisannya yang sangat berguna ini...

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkunjung
Tinggalkanlah Sedikit Pesan Sebagai Referensi