Kumpulan Informasi Pilihan & Cerita "Boedak Capsule & Lapas'18'"

Monday, 9 July 2012

Bahaya Blackberry Bagi Kesehatan





Memiliki smartphone seperti Blackberry (BB) memang menyenangkan. Selain bisa selalu connect dengan teman - teman, kita juga bisa 'kerja colongan' di waktu - waktu tertentu. Namun demikian, di balik nilai-nilai positif yang ditawarkan, Blackberry sebetulnya juga menyimpan sejumlah hal yang dapat merugikan kesehatan para pemakainya.



 1. Adiktif
Bangun tidur langsung pegang BB, mau mandi cek BB dulu, abis itu sambil nyupir juga tetap BBM-an, pas lagi meeting malah sibuk balesin email, sampai- sampai akhirnya kita gak pernah bisa fokus dengan apa yang ada di depan kita! Hal ini pastinya bikin orang di sekeliling kita bete dong.

 2. Gangguan Tidur
Dengan layanan internet 24 jam, perangkat Blackberry akan bergetar atau berdering setiap saat, mulai dari e-mail, FB, twitter, BBM, BB group, pokoknya semuanya masuk tanpa mengenal waktu.. termasuk ketika kita sudah di tempat tidur.

Membawa Blackberry di tempat tidur adalah kebiasaan buruk yang membuat rendahnya kualitas tidur. Bukan rahasia lagi bahwa kualitas tidur yang buruk memiliki dampak negatif pada fisik dan mental health. penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengguna Blackberry yang memiliki kebiasaan bermain Blackberry sebelum tidur rentan insomnia, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi.

3. Kerja Berlebihan
Sebuah studi di MIT Sloan School of Management pada tahun 2007 menunjukkan bahwa penggunaan Blackberry secara gak sadar membentuk budaya stres di tempat kerja. Fasilitas internet 24 jam dinilai mengganggu waktu luang pekerja. Tugas dan hal-hal yang terkait dalam pekerjaan pengguna bisa hadir setiap saat, termasuk ketika mereka sedang berlibur.

4. LEMOT (Lemah Otak)
Di balik kemudahan yang diberikan, pengguna Blackberry memiliki risiko melemahnya daya konsentrasi. Karakter Blackberry cenderung membuat orang untuk melakukan 'multitasking', sehingga  membuat seseorang sulit untuk menyerap informasi karena fokus pengguna dengan mudah beralih dari satu hal ke hal lainnya.






1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...